Recent in Fashion

Cara Downgrade Versi Output Project Corel Draw


Sebagian besar pengguna Corel Draw sudah mengetahui trik ini, namun tak sedikit pula yang belum mengetahuinya. Oke, Mari kita bahas ! Apaitu Downgrade ? Downgrade adalah kebalikan dari Upgrade yakni menurunkan versi (Software) yang terbaru ke versi yang lebih lawas (Lama/Rendah)

Cerita dulu sebentar.... 
Pernah di suatu masa saya disuruh revisi project sama temenku , waktu itu saya pakai corel draw X8. Nah... dikirim itu filenya sama teman saya. Pas saya buka projectnya tidak bisa terbuka dan muncur warning box seperti dibawah. Ternyata usut punya ustu Corel Draw yang dipakai teman saya lebih tinggi dari yang saya punya. Solusinya adalah mengganti versi output pada saat save di corel yang versinya lebih tinggi ke versi yang lebih rendah atau dibawahnya. Bagaimana Caranya? ikuti langkah langkah berikut ini.

beginilah kondisi eror tidak bisa dibuka





Langkah 1
Ibaratkan aja dibawah ini kalian udah kelar project nya dan ingin save ke versi  yg lebih kecil. Oiya, disini hanya bisa downgrad dibawah versi kalian ya. Langsung saja tekan, CTRL+SHIFT+S itu adalah shortcut SAVE AS, atau kalian bisa manual lewat bar file di pojok kiri atas.


save as




Langkah 2

setelah SAVE AS kalian perhatikan dibawah ada opsi Version. Disitu tertera Version 18.0 atau X8 yang berarti itu adalah versi yang kalian pakai sekarang KLIK DEH

version




Langkah 3

Setelah klik Version 18.0 kok malah banyak pilihan Versinya ??? Jangan puyeng... sing tenang bos. Gini penjelasannya contoh Version 17.0 itu bisa dibilang X7, dan Version 16.0 bisa dibilang X6 dan seterusnya.  Nah kalian bisa pilih mau di save jadi versi apa. Disini saya mau save ke Version 14.0 atau X4  
Versi Outputnya




Langkah 4
Setelah milih versi, kalian tinggal klik SAVE !  Udah bro gitu doang, gampang kan, ehehe

SAVE !



CATATAN : pastikan isi dari file, kompatibel dan bisa di garap/ dirubah di versi downgrade. Mohon maaf apabila ada kesalahan tutur kata atau penyebutan, saya juga sedang belajar sekiranya mohon koreksinya apabila ada yg salah atau ada cara yang lebih efektif


Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

0 Komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel